Kegunaan Lampu Hias dan Cara Membuatnya Sendiri

Sunday, April 23rd, 2017 - Interior
Lampu Hias Elegan

Lampu hias merupakan salah satu aksesoris ruangan yang bisa memperindah rumah. Banyak orang yang manfaat dari adanya lampu yang bisa Anda dapatkan. Ini bisa dijadikan sebagai lampu tidur dan sekaligus lampu untuk memperindah dekorasi rumah. Dewasa ini, orang semakin kreatif untuk menciptakan rumah yang menjadi lebih indah. Di tengah-tengah masyarakat telah beredar berbagai macam lampu yang laris di pasaran.

Manfaat dan cara membuat lampu hias akan dibicarakan dan dijelaskan dalam artikel kali ini. Ini bukan merupakan hal yang sulit untuk membuat lampu untuk menghiasi ruangan. Namun untuk Anda yang ingin praktis dalam mendapatkannya, Anda bisa membeli lampu yang sudah jadi di toko-toko hiasan ruangan yang terdekat dengan Anda. Nah, apa saja manfaat dari adanya lampu yang menghiasi ruangan? Berikut beberapa manfaatnya.

Model Lampu Hias Untuk Ruangan

Lampu Hias Dekoratif

Lampu Hias Untuk Rumah Mewah

Lampu Hias Rumah Modern

Lampu Hias Minimalis

Lampu Hias Mewah

Manfaat Lampu Hias Untuk Memperindah Ruangan

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memilikilampu hias di rumah. Selain membuat suasana rumah menjadi lebih ceria, lampu hias juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mendekorasi ruangan dengan sederhana tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Nah secara keseluruhannya, manfaat dari dekorasi menarik berupa lampu untuk menghiasi ruangan adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai penghias/dekorasi ruangan

Manfaat lampu hias yang pertama seperti yang telah dijelaskan diatas adalah untuk membuat ruangan menjadi lebih indah. Ini bisa didapatkan dengan mengaplikasikan lampu yang berasal dari kerajinan-kerajinan tangan yang diciptakan oleh masyarakat. Desainnya pun terdiri dari berbagai ukuran yang berbeda-beda. Variasi yang diciptakan tergantung dari bahan apa yang digunakan dan siapa yang membuatnya. Kini, Anda bisa menemukan berbagai macam lampu hias  yang cantik dan memukau di berbagai toko online maupun toko di sekitar tempat tinggal Anda.

  1. Membuat aksen rumah menjadi lebih dramatis

Salah satu desain lampu hiasyang dapat mempercantik ruangan Anda adalah jenis lampu dinding. Ini juga bisa disebut dengan woodlamps. Dengan menggunakan lampu dinding, Anda bisa memberikan kesan dramatis pada ruangan Anda. Lampu dinding juga bisa dijadikan sebagai lampu yang efektif untuk memberikan cahaya atau sorotan untuk lukisan yang Anda pajang di dinding.

  1. Aman untuk disentuh

Keunggulan lampu hias berikutnya adalah aman untuk disentuh. Lampu dengan fitur yang paling keren ini membuat Anda tidak perlu khawatir tentang lampu yang panas. Pengalaman dari beberapa orang yang telah menggunakan lampu mereka tidak merasa khawatir ketika menyentuh lampu. Lampu ini aman untuk disentuh dan tetap dingin ketika disentuh. Jadi, lampu ini bisa disentuh setiap saat.

  1. Digunakan sebagai lampu tidur

Manfaat lampu hias  berikutnya yang bisa didapatkan adalah bisa digunakan sebagai lampu tidur sekaligus. Seseorang biasanya tidak suka tidur dalam keadaan yang gelap. Namun, banyak orang pula yang tidak bisa tidur dalam keadaan yang terang. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan lampu jenis ini untuk digunakan di kamar tidur Anda. Lampu redup ini sangat cocok digunakan untuk menemani tidur Anda. Jadi, yang ingin tidur dalam keadaan gelap tidak merasa terganggu dan yang ingin tidur dalam keadaan yang tidak gelap tidak merasa kegelapan.

  1. Sebagai penerang utama

Fungsi lampu hias juga bisa dijadikan sebagai penerangan utama di dalam ruangan. Meskipun ada beberapa desain dari lampu yang redup, ada pula jenis lampu yang terang. Anda bisa membeli jenis lampu yang terang untuk diletakkan di ruang tamu Anda. Anda bisa menggunakan lampu ini sebagai lampu utama untuk menerangi ruangan. Pilihlah jenis lampu bagus yang memiliki cahaya tersebar ke seluruh ruangan.

Itulah beberapa kegunaan dari lampu hias yang bisa Anda gunakan di rumah Anda. Memiliki rumah dengan interior yang bagus pastinya akan membuat setiap orang yang tinggal di dalamnya menjadi lebih betah. Nah, selain bisa membeli lampu di toko, Anda bisa membuat lampu itu menurut ide Anda sendiri. Anda bisa mengembangkan ide kreatif Anda untuk menciptakanlampu yang kreatif dengan menggunakan bahan bekas atau pun dengan bahan-bahan lainnya. Lihat juga Lampu Gantung Ruang Tamu.

Ide kreatif untuk membuat lampu hias sendiri akan dipaparkan secara lebih terperinci dalam artikel kali ini. Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat lampu untuk menghiasi rumah Anda dari botol minuman bekas dan dilengkapi dengan menggunakan sendok plastik. Untuk membuat lampu dengan berbahan dasar ini, bahan-bahan dasar yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut.

  1. Botol minuman bekas dengan ukuran 1500 ml
  2. Sendok plastik sesuai kebutuhan
  3. Pylox berwarna kuning
  4. Kertas folio dengan warna hijau
  5. Lem fox

Setelah semua bahan Anda persiapkan dengan sebaik-baiknya, kini saatnya bagi Anda untuk membuat lampu hias sederhana dengan menggunakan bahan-bahan bekas. Langkah yang perlu Anda lakukan ternyata tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu serius dan teliti untuk mencoba membuatnya dengan cepat. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat lampu dari bahan bekas dengan bentuk buah nanas yang memukau.

  1. Langkah pertama untuk membuat lampu hias dengan bentuk nanas adalah dengan memotong botol bekas yang telah dipersiapkan dalam 2 bagian. Bagian bawah botol lah yang akan Anda gunakan untuk membuat lampu hias yang sederhana dan praktis.
  2. Langkah berikutnya adalah dengan memotong semua kepala sendok yang telah dipersiapkan. Namun sebelumnya, warnailah semua sendok dengan warna kuning. Potonglah dengan rapi menggunakan pemotong.
  3. Berikutnya, Anda bisa menyusun kepala sendok yang telah dipotong-potong dengan cara menempelkannya secara beraturan menggunakan pola dari buah nanas. Anda bisa mengeringkannya kemudian.
  4. Langkah membuat lampu hias yang terakhir adalah dengan membuat pola daun nanas menggunakan kertas folio berwarna hijau dan meletakkannya di kepala buah nanas.
  5. Taruhlah lampu di dalamnya yang telah disetting dengan sedemikian rupa.
  6. Anda bisa menggantungkannya di langit-langit kamar sebagai lampu tidur yang unik dan teduh untuk digunakan saat tidur.

Itulah beberapa langkah praktis yang bisa Anda gunakan dalam membuat lampu sederhana yang terbuat dari bahan bekas. Jadi, Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda untuk berkreasi dalam menciptakan hal-hal baru untuk memperindah ruangan dan kamar Anda. Nah, apakah Anda tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri? Ini merupakan salah satu hal menyenangkan lho.

Sekian informasi mengenai cara membuat lampu hias yang praktis yang terbuat dari bahan-bahan bekas yang masih bisa dimanfaatkan. Jika suatu barang masih bisa dimanfaatkan untuk membuat hal-hal lain yang bermanfaat, mengapa harus disia-siakan? Anda bisa mencoba untuk membuat lampu ini di rumah. Bahkan, Anda yang memiliki waktu luang yang banyak bisa mencoba usaha untuk membuat lampu hias untuk dijual di pasaran. Jadi, Anda pun bisa mendapatkan penghasilan dari kekreatifan Anda. Selamat mencoba.