Jenis Lantai Garasi yang Tepat dan Perawatannya

Thursday, April 27th, 2017 - Interior
Lantai Garasi Modern Minimalis

Lantai garasi bisa dipilih sesuai dengan desain warna rumah Anda. Sebagian besar rumah yang dibangun di era modern ini memiliki ruangan garasi. Terutama untuk rumah dengan desain yang luas. Garasi menjadi salah satu ruangan yang sangat penting untuk dimiliki. Tidak hanya kendaraan saja yang bisa Anda simpan di dalam garasi. Namun, Anda bisa sekaligus meletakkan perlengkapan lainnya seperti sepatu, sandal, dan lain-lain.

Dengan banyak manfaat yang dimiliki oleh garasi, maka dirasa penting untuk Anda memilih desain garasi yang unik dan modern. Lantai garasi merupakan salah satu interior yang harus dipertimbangkan dalam membangun sebuah garasi. Garasi sebagai sebuah carport untuk melindungi mobil dan kendaraan Anda dari hujan memang menjadi salah satu hal yang cukup vital bagi sebuah rumah. Nah, Anda yang sedang merencanakan untuk mendekorasi ruang garasi, beriku beberapa jenis lantai yang bisa Anda pilih.

Lantai Garasi Kayu

Desain Lantai Garasi Sederhana

Lantai Garasi Yang Tepat

Lantai Garasi Rumah Modern

Lantai Garasi Rumah Minimalis

Jenis-Jenis Lantai Garasi yang Tepat

Lantai garasi berbeda dengan lantai untuk diaplikasikan di dalam rumah. Pemilihan dari lantai untuk garasi yang tepat akan membuat lantai menjadi lebih awet. Beban untuk menopang kendaraan tentu harus dimiliki oleh lantai yang lebih awet. Tujuan dari pemilihan lantai sendiri nantinya akan membuat permukaan lantai tidak mudah rusak meskipun terinjak-injak oleh kendaraan setiap harinya. Nah, apa saja jenis lantai untuk garasi dan material terbaik apakah yang perlu Anda pilih?

Mengetahui tentang material dari lantai garasi memang sangat penting untuk dilakukan. Dengan demikian, Anda bisa menentukan kualitas dari lantai yang Anda beli tersebut. Beraneka macam bahan dari lantai untuk garasi di bawah ini nantinya bisa menjadi rekomendasi bagi Anda dalam memilih lantai cantik untuk garasi menjadi lebih modern. Berikut beberapa jenis dari lantai untuk garasi yang sudah menjadi favorit bagi banyak orang. Simak ya!

Mengenali material lantai garasi memang menjadi salah satu hal pertama yang digunakan dalam pembuatan lantai tersebut. Ada banyak jenis lantai keramik yang bisa digunakan sebagai lantai di garasi. Namun seperti yang telah dikatakan sebelumnya, lantai keramik interior dengan lantai keramik eksterior yang akan diletakkan di garasi tentu berbeda. Oleh karena itu, Anda bisa menanyakannya kepada yang telah berpengalaman dalam mengenali lantai-lantai.

Lantai di garasi yang terbuat dari keramik biasanya menggunakan keramik jenis khusus yang memiliki kemampuan untuk menopang beban yang berat. Selain itu, lantai keramik dengan jenis ini juga biasnya memiliki tekstur tersendiri yang khas. Lantai biasanya tidak licin untuk menghindari kendaraan mengalami slip. Lantai ini bisa Anda jadikan referensi sebagai lantai garasi  di rumah Anda.

Selain terbuat dari keramik, ada pula lantai garasi yang terbuat dari jenis batu alam. Lantai yang terbuat dari batu alam merupakan salah satu pilihan bagus untuk Anda. Baik batu alam pecah maupun batu alam jenis potong sangat baik digunakan sebagai lantai dalam garasi. Anda bisa memilih ukuran keramik yang pas sehingga akan sesuai dengan kondisi ruangan grasi. Memilih motif batu alam bisa juga dilakukan lho.

Jenis lantai garasi yang bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk Anda adalah lantai yang terbuat dari bahan taburan batu sikat. Ini merupakan salah satu jenis lantai yang terdiri dari batu-batu kecil yang bundar dan lonjong. Itulah mengapa lantai ini dinamakan lantai batu sikat. Penataannya memang sedikit rumit. Namun, Anda bisa menemukan kesan yang istimewa ketika memiliki lantai ini di garasi rumah Anda.

Selanjutnya, Anda bisa memilih jenis lantai garasi yang terbuat dari lantai plesteran. Ini bisa menjadi solusi yang paling hemat dan murah untuk Anda. Siapa yang ingin mengeluarkan biaya sedikit untuk membuat garasi bisa memilih lantai jenis ini. Lantai plesteranterbuat dari semen yang nantinya akan dibuat kasar. Selain itu, ada juga plesteran yang nantinya dapat dibentuk dari berbagai pola yang menarik untuk dilihat. Anda akan mendapat dua manfaat. Selain harganya terjangkau, Anda juga bisa berkreasi sendiri.

Masih ada lagi lho. Jenis lantai garasi paving block atau grass block juga bisa menjadi solusi untuk Anda. Anda yang ingin memiliki garasi yang sehat dan hijau bisa memilih lantai paving block. Lantai ini nantinya bisa mengalirkan air ke dalam tanah atau meresap. Namun, pastikan tanah yang berada di bawah lantai telah dipadatkan terlebih dahulu sebelum menggunakan desain paving block untuk garasi Anda. Setelah dipadatkan, barulah rencana Anda bisa dijalankan.

Itulah berbagai jenis lantai garasi yang bisa menjadi pilihan yang tepat dan menarik untuk Anda. Lalu, apakah Anda sudah memiliki pandangan tentang jenis lantai apa yang nantinya akan Anda gunakan? Anda bisa memilih lantai yang paling menarik hati Anda. Jenis-jenis lantai yang disebutkan di atas juga sangat bervariasi mulai dari harga yang paling murah, harga yang sedang, hingga harga yang memang mahal. Jadi, Anda bisa menentukan budget terlebih dahulu.

Perawatan Lantai Garasi yang Tepat

Seringkali ditemukan lantai yang kotor di garasi. Tentu saja, ini merupakan tempat untuk menyimpan mobil yang sejatinya bannya kotor karena telah melintas dari berbagai tempat. Tips membersihkan lantai garasi dari tumpahan oli yang membuat suasana menjadi kurang nyaman berikut akan menjadi tips menarik bagi Anda yang sering menemukan tumpahan oli di dalam area garasi rumah Anda. Nah, bagaimanakah cara membersihkan oli di lantai garasi?

Tips membersihkan oli di lantai garasi pertama adalah dengan menggunakan pasir. Pasir merupakan salah satu material bangunan yang bisa dibeli dengan harga yang murah. Pasir bisa menyerap oli yang baru tumpah sehingga tidak akan meresap ke dalam permukaan lantai. Anda bisa menggunakan pasir untuk membersihkan oli. Selain itu, ada pula material lainnya seperti abu, tanah liat, bedak tabur, dan beberapa produk penyerap komersial lainnya yang sangat ampuh untuk digunakan.

Langkah kedua dalam membersihkan lantai garasi yang terkena tumpahan oli adalah dengan menyapu pasir yang telah digunakan untuk membersihkan lantai. Sapulah sampai bersih. Jangan menggunakan pasir untuk tanaman karena ini tidak baik untuk tanaman. Gunakanlah kaleng untuk limbah oli yang bisa dibeli di berbagai toko bangunan. Jangan pula membuang di got karena ini dapat mengganggu saluran pembuangan air.

Langkah terakhir adalah dengan menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan noda yang tertinggal. Penghilang gemuk mesin atau bisa disebut dengan degreaser juga bisa digunakan untuk membersihkan noda oli yang tersisa. Selesai sudah usaha yang Anda lakukan dalam membuat lantai garasi menjadi bersih berkilau kembali.

Nah, itulah cara membersihkan oli yang tumpah di lantai garasi. Sekian informasi mengenai jenis-jenis lantai garasi dan cara membersihkan lantai garasi yang tepat. Pilihlah jenis lantai yang tepat  untuk garasi Anda dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Perindah garasi Anda dengan berbagai variasi lantai yang unik dan modern. Semoga informasi tersebut bermanfaat.