Plafon Gypsum Terbaik Untuk Atap Rumah

Sunday, April 23rd, 2017 - Interior
Plafon Gypsum Dengan Warna Terang

Salah satu bagian rumah yang sering kali terabaikan untuk didesain secara maksimal adalah atap rumah atau plafon. Padahal plafon rumah ini bisa menjadi bagian interior rumah yang akan membuat rumah minimalis menjadi lebih nyaman dan indah. Jenis atap rumah yang sangat direkomendasikan adalah plafon gypsum. Gypsum merupakan salah satu bahan plafon yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan bahan plafon lainnya. Selain itu, model atap rumah berbahan gypsum juga tersedia dalam banyak model.

Plafon Gypsum Flat

Plafon Gypsum Mewah

Plafon Gypsum Rumah Elegan

Plafon Gypsum Terbaik

Plafon Gypsum Untuk Rumah Modern

Kelebihan Plafon Gypsum Untuk Atap Rumah

Jenis plafon untuk atap rumah cukup banya, namun plafon dengan bahan gypsumlebih disarankan untuk digunakan. Hal ini dikarenakan atap rumah dengan bahan gypsum mempunyai fungsi yang lebih banyak dibandingkan plafon jenis lainnya. Dengan menggunakan plafon gypsum tidak hanya bisa mempercantik tampilan interior rumah saja tapi juga bisa membuat nyaman rumah. Berikut ini beberapa kelebihan gypsum untuk atap rumah:

  1. Gypsum dapat menahan panas

Kelebihan pertama dari gypsum adalah bisa menahan panas. Dengan menggunakan plafon atau atap rumah berbahan gypsum, maka rumah akan terasa lebih sejuk ketika musim panas. Hal ini dikarenakan gypsum sudah dilapisi dengan bahan yang bisa menyerap dan memantulkan kembali panas matahari yang masuk kedalam rumah.

  1. Gypsum anti lumut

Selain bisa menahan panas, plafon gypsum juga tidak mudah berlumut. Bahkan beberapa produk gypsum sudah dilengkapi dengan bahan yang bisa menangkal lumut. Berbeda dengan plafon triplek atau sejenisnya yang akan berlumut jika sering terkena air.

  1. Gypsum tahan terhadap api

Kelebihan lainnya dari gypsum adalah gyspsum tahan terhadap api. Hal ini merupakan keunikan tersendiri plafon berbahan gypsum. Papan gypsum mampu menahan api selama 1 sampai dengan 2 jam pada plafon rumah. Dengan menggunakan atap rumah gypsum maka rumah Anda bisa lebih aman dari kebakaran.

  1. Gypsum bisa menahan bising

Plafon gypsum juga mempunyai kelebihan bisa menahan suara bising dalam ruangan. Walaupun terlihat tipis, tapi gypsum yang terbuat dari serat-serat halus ini mampu meredam suara bising dari dalam ruangan. Selain itu, gypsum juga bisa meredam suara bising dari luar ruangan agar tidak masuk kedalam rumah.

  1. Harga gypsum terjangkau dan tersedia dalam banyak model

Kelebihan yang terakhir dari gypsum adalah harganya yang cukup terjangkau. Harga plafon gypsum per meter hanya sekitar 50 sampai dengan 60 ribu rupiah. Selain itu, ada banyak model yang bisa dipilih untuk atap rumah minimalis Anda.

Jenis-Jenis Plafon Gypsum Untuk Atap Rumah

Tidak hanya kelebihannya saja yang banyak, plafon gypsum juga mempunyai banyak jenis dan model. Gypsum untuk atap rumah ini secara umum ada 5 jenis yaitu standard Board, firestop, wet area, jayabell, dan jayapanel. Setiap jenis gypsum ini mempunyai kelebihan dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan masing-masing dari jenis gypsum untuk plafon rumah:

  1. Standard board

Jenis gypsum ini merupakan gypsum standar yang bisa digunakan untuk plafon rumah. Gypsum ini mempunyai ketahanan dan kestabilan yang tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai plafon rumah minimalis modern. Untuk harga gypsum per lembar jenis ini juga lebih murah dibandingkan gypsum jenis lainnya.

  1. Firestop

Seperi namanya, jenis gypsum ini merupakan gypsum yang dibuat khusus agar bisa tahan terhadap api. Bahan gypsum firestop ini mengandung fiber glass yang mampu menahan api sampai beberapa jam.

  1. Wet area

Plafon gypsum jenis wet area ini merupakan gypsum uang tahan terhadap air. Hal ini dikarenakan gypsum ini mengandung wax yang bisa mengatasi ruangan yang lembab. Jenis gypsum ini sangat cocok untuk di tempatkan didapur dan juga kamar mandi rumah minimalis modern. Selain itu, gypsum ini juga cocok untuk dipasang diseluruh rumah agar terhindar dari kebocoran pada saat musim hujan.

  1. Jayabell

Jenis plafon gypsumJayabell ini merupakan gypsum yang mempunyai perforasi dan dilapisi dengan tisu akustik. Desainnya ini sangat bagus untuk menyerap suara dari dalam ruangan. Gypsum ini sangat cocok untuk ruangan studio musik dan juga ruang teater serta ruangan yang membutuhkan kedap suara.

  1. Jayapanel

Jeni s gypsum ini mempunyai banyak keunggulan, salah satunya yaitu bisa dipasang tanpa harus menggunakan compound dan screw. Gypsum ini sangat cocok untuk ruangan yang membutuhkan fleksibilitas yang tinggi.

Fungsi Lain Gypsum Untuk Dinding Rumah

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa gypsum tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai plafon rumah. Gypsum juga bisa digunakan sebagai dinding rumah. Plafon gypsum untuk dinding rumah ini sangat disarankan bagi Anda yang membuat rumah dengan menggunakan kerangka beton. Hal ini dikarenakan gypsum lebih kuat dan mempunyai banyak keunggulan. Selain itu, dengan menggunakan gypsum untuk dinding rumah maka Anda bisa menghemat banyak biaya dalam pembuatan rumah.

Bahan plafon gypsum dan gypsum untuk dinding rumah tentu saja hampir sama, namun gypsum untuk dinding lebih kuat. Ada banyak jenis gypsum yang bisa digunakan untuk bahan dinding rumah, diantaranya yaitu:

  1. Top line

Plafon gypsum minimalis jenis top line merupakan jenis gypsum yang bisa digunakan untuk dinding rumah. Lapisan dari gypsum ini dilapisi dengan kertas putih yang bisa membuat rumah menjadi lebih indah. Selain itu, gypsum ini juga tahan terhadap api dan panas.

  1. Aqua line

Jenis gypsum untuk dinding ini mempunyai kelebihan bisa menyerap air dan anti lumut. Hal ini dikarenakan pada gypsum ini sudah dilengkapi dengan silikon yang bisa membantu menyerap air dengan sempurna.

  1. Fire line

Plafon gypsum untuk dinding jenis fire line ini dibuat dengan menggunakan bahan khusus yang bisa meningkatkan kohesi pada suhu. Dengan kohesi yang meningkat maka gypsum ini mampu untuk menahan api. Selain itu, gypsum ini juga tidak mudah terbakar sehingga bisa melindungi rumah Anda dari kebakaran.

  1. Therma line

Jenis gypsum ini dibuat dari bahan yang sangat kuat dan masih dilapisi dengan kertas yang sangat kuat sehingga bisa menahan panas. Selain itu, lapisan dari gypsum ini juga dilengkapi dengan bahan polystyrene yang mampu menahan panas. Dengan menggunakan gypsum ini maka dinding rumah Anda tidak akan terasa panas.

  1. Dura line

Gypsumdura line ini merupakan gypsum terbaik yang bisa tahan terhadap benturan. Jenis gypsum ini sangat disarankan untuk dijadikan sebagai dinding rumah. Dengan menggunakan dinding berbahan gypsum ini, maka dinding rumah Anda tidak akan mudah rusak jika terkena benturan yang kuat.

Jenis gypsum untuk plafon dan dinding saat ini bisa didapatkan dengan mudah. Menggunakan plafon gypsum untuk atap rumah mempunyai banyak keunggulan. Selain itu, gypsum untuk plafon terdiri atas banyak jenis sehingga Anda bisa dengan mudah memilihnya. Gypsum juga tidak hanya bisa untuk plafon saja tapi juga bisa digunakan sebagai bahan dinding untuk rumah-rumah minimalis modern.