Model, Bahan, dan Harga Teralis Jendela

Saturday, April 22nd, 2017 - Tips
Desain Teralis Jendela

Teralis jendela menjadi salah satu bagian bangunan yang sangat penting untuk menjaga keamanan. Jika rumah menggunakan kaca blok lebar atau jenis kaca lainnya yang mudah dibuka dari luar, maka keberadaan teralis ini menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Dengan adanya teralis tersebut, maka orang luar yang tidak diharapkan tidak akan bisa memasuki rumah dengan mudah melalui jendela. Selain pada jendela, teralis pintu juga banyak digunakan untuk tujuan keamanan yang sama.

Selain untuk tujuan keamanan, penggunaan teralis jendela juga berkaitan erat dengan estetika bangunan. Pemilihan teralis yang tepat akan mampumenonjolkan keindahan dan menambah kesan kemewahan sebuah bangunan. Saat ini memang bisa ditemukan banyak sekali model teralis yang dijual di pasaran. Karenanya sebelum memutuskan untuk melakukan pemasangan teralis di rumah idaman kita, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu aneka model, bahan serta harga teralis jendela yang sesuai dengan desain rumah.

Contoh Teralis Jendela

Teralis Jendela Terbaik

Teralis Jendela Rumah Modern

Teralis Jendela Rumah Minimalis

Model Teralis Jendela

Aneka Model Teralis Jendela

Saat membangun sebuah rumah, kita tentu sudah memiliki tema dari keseluruhan desain bangunan tersebut. Apakah rumah yang dibangun akan bergaya minimalis modern, mediteranian, klasik mewah atau lainnya. Berdasarkan tema dari desain rumah tersebut, maka kita bisa menentukan model teralis jendela. Dengan model teralis yang sesuai, maka tidak hanya keamanan rumah yang terjaga, tetapi keindahan bangunanpun bisa lebih menonjol. Adapun berbagai model teralis yang bisa dijadikan pilihan adalah:

  1. Model teralis horizontal rapat

Rumah yang bergaya minimalis modern akan sangat sesuai dengan teralis yang modelnya simple, tetapi mampu memberikan perlindungan keamanan yang sangat baik. Karena itulah, model horizontal rapat menjadi pilihan yang sangat sesuai untuk rumah minimalis. Pada model ini, besi-besi akan disusun secara horizontal pada jarak tertentu yang dianggap cukup aman. Selain model, warna dari teralis jendela juga dipilih agar sesuai dengan tema minimalis yang berkesan modern. Misalnya warna hitam, silver ataupun putih.

  1. Model teralis vertikal

Selain model horizontal, teralis jendela dengan model vertikal juga mampu memberikan kesan modern pada sebuah rumah yang memiliki desain minimalis. Besi-besi yang dipasang berjajar secara lurus ke arah atas, mampu membuatnya terlihat lebih kokoh tetapi tetap simple. Untuk mempercantik teralis tersebut, beberapa aksen bisa ditambahkan pada bagian tengah teralis. Aksen ini bisa memiliki berbagai bentuk yang lurus sejajar ataupun berupa lekukan yang artistik.

  1. Model teralis klasik

Model teralis jendela klasik akan sangat sesuai untuk sebuah rumah mewah yang juga bergaya klasik. Teralis ini biasanya dihiasi dengan beragam ukiran dan motif-motif alam seperti bunga ataupun daun. Untuk memperkuat kesan mewahnya, besi yang digunakan bisa dilapisi dengan kuningan. Warna keemasan yang dihasilkan akan memancarkan keindahan estetika teralis ataupun rumah secara keseluruhan. Beberapa model ukiran yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan rumah mewah yang memiliki gaya modern serta elegan.

Selain ketiga model teralis jendela di atas, saat ini kita juga bisa memesan teralis dengan aneka model yang unik dan menarik. Misalnya saja teralis berbentuk bunga berukuran besar. Model yang terlihat unik ini juga masih sangat jarang digunakan. Teralisyang terkesan modern tersebut bisa dipasang pada rumah bergaya minimalis maupun sebuah rumah mewah. Kepandaian dan kreativitas kita dalam memilih model akan sangat menentukan estetika dari bagian jendela tersebut. Lihat juga 5 Jenis Gorden Jendela Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis.

Bahan yang Digunakan untuk Teralis Jendela

Untuk menunjang fungsi keamanan dari sebuah teralis jendela, maka pemilihan bahan atau material menjadi hal yang sangat penting. Bahan yang kuat dan kokoh tentu mampu menghasilkan teralis yang juga kuat dan tidak mudah dirusak. Bahan seperti itu bisa diperoleh dari metal atau logam tertentu. Terdapat beberapa jenis logam yang biasanya dipakai sebagai material pembuatan teralis. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahan teralis tersebut diantaranya adalah:

  1. Besi

Besi menjadi jenis logam yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan teralis. Material ini memiliki sifat yang kuat sehingga tidak mudah dirusak oleh pembobol rumah. Harga logam tersebut juga relatif lebih murah dibandingkan bahan lainnya. Walaupun demikian, besi memiliki sifat mudah berkarat. Sehingga proses finishing yang dilakukan harus benar-benar baik, agar logam ini bisa menjadi teralis yang awet. Jenis besi yang biasanya digunakan pada teralis jendela adalah besi tempa serta besi nako. Material tersebut bisa digunakan untuk teralis minimalis ataupun klasik.

  1. Besi beton

Bahan lain yang juga banyak digunakan untuk membuat teralis adalah besi beton. Berbeda dengan besi biasa, besi beton biasanya digunakan untuk membuat konstruksi beton, yang disebut juga dengan beton bertulang. Tidak heran jika besi ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang sangat bagus. Besi beton ada yang bentuknya polos dan berulir. Bentuk yang berulir biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan teralis jendela besi ulir.

  1. Stainless steel

Stainless steel menjadi bahan pembuatan teralis yang saat ini semakin banyak digemari. Baja yang tahan karat ini memang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan besi. Stainless steel lebih tahan karat dan juga sangat awet. Perawatannya sangat mudah dan tidak memerlukan biaya besar. Selain itu jika stainless steel digunakan sebagai bahan teralis jendela, maka akan memberikan kekuatan yang cukup untuk melindungi rumah. Material ini juga higienis dan memiliki estetika bentuk maupun warna yang sangat sesuai untuk teralis bergaya modern.

Pemilihan material pembuatan teralis memang sangat mempengaruhi kekuatan dari teralis itu sendiri. Tetapi tidak hanya itu, bahan tersebut juga sangat menentukan penampilan serta estetika dari teralis. Jenis bahan juga akan mempengaruhi harga dari teralis jendela yang akan dipasang. Seperti yang sudah kita ketahui, jika material stainless steel yang dipilih, tentu akan memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan teralis yang terbuat dari besi.

Cara Menentukan Harga Teralis Jendela

Untuk mengetahui berapa biaya pemasangan teralis yang akan dilakukan, ada beberapa faktor yang turut diperhitungkan. Pertama adalah jenis dan kualitas bahan yang digunakan. Bahan ini terbagi menjadi bahan yang digunakan sebagai frame serta jari-jari. Ukuran atau ketebalan material yang dipakai juga menentukan harga keseluruhan teralis. Selain itu,jarak jari-jari juga akan menentukan jumlah material yang digunakan dan akhirnya menentukan harga teralis. Saat menghitung biaya pemasangan teralis yang terbuat dari besi, pemberian anti karat dan cat semprot juga akan diperhitungkan.

Penentuan harga teralis jendela bergaya klasikakan sangat ditentukan oleh model yang dipilih. Apalagi jika teralis tersebut dihiasi dengan ukiran-ukiran yang artistik. Penambahan bahan pelapis seperti kuningan juga akan menaikkan harganya. Tidak mengherankan jika teralis seperti ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan model lainnya. Harga teralis yang ditawarkan umumnya dihitung untuk tiap meter persegi. Dengan mempertimbangkan secara matang harga, bahan serta model teralis sebelum membelinya, maka kita bisa memiliki teralis terbaik untuk rumah idaman yang dimiliki.