Tirai Gorden Pintu Minimalis Buatan Sendiri

Thursday, October 18th, 2018 - Tips
Gorden Pintu Minimalis

Gorden tidak hanya digunakan dijendela saja sebagai penghalang cahaya matahari atau sebagai penghalang pandangan dari luar. Pintu rumah Anda juga perlu untuk diberi gorden sebagai sekat ataupun penghalang pandangan langsung keruangan rumah. Gorden pintu ini juga disebut dengan tirai. Bentuk dan model dari gorden untuk pintu tentu saja berbeda dengan gorden untuk jendela. Biasanya pintu yang diberi tirai adalah pintu yang menghubungkan ruang tamu dan ruang tengah serta pintu-pintu kamar tidur.

Fungsi utama pemasangan gorden pintu tidak sama dengan pemasangan gorden untuk jendela. Gorden yang dipasang dipintu lebih berfungsi sebagai sekat atau pembatas suatu ruangan. Selain itu, gorden untuk pintu juga bisa dijadikan sebagai salah satu bagian desain interior rumah. Sekarang ini sudah banyak bermunculan model gorden pintu kamar ataupun pintu tengah berdesain minimalis. Dengan gorden model seperti ini maka rumah Anda akan terlihat lebih minimalis dan cantik.

Gorden Pintu Kayu

Gorden Pintu Dekoratif

Gorden Pintu Rumah Minimalis

Gorden Pintu Putih

Gorden Pintu Modern

Jenis-Jenis Tirai Gorden Pintu Minimalis

Tirai pintu atau gorden pintu dengan model minimalis saat ini banyak model dan jenisnya. Nah, bagi Anda yang ingin membeli gorden untuk pintu rumah minimalis membutuhkan informasi jenis-jenis tirai ataupun gorden untuk pintu. Berikut ini beberapa jenis dan model tirai pintu yang cocok untuk ditempat dirumah minimalis baik untuk pintu kamar ataupun pintu ruang tengah:

  1. Tirai plastik

Model gorden pintu tirai plastik mempunyai banyak model dengan bentuk yang berbeda-beda. Tirai ini dibuat dengan menggunakan bahan plastik yang dibentuk menjadi bentuk tertentu dan diuntai dengan panjang yang sama. Anda bisa menggunakan tirai ini untuk pintu kamar tidur ataupun untuk pintu ruang tengah. Ada banyak pilihan model dan warna dari tirai plastik ini.

  1. Tirai magnet

Tirai magnet merupakan tirai yang bisa digunakan untuk menutup pintu ruangan secara penuh. Model tirai ini dibuat dari bahan plastik kemudian diberi magnet pada bagian tengahnya. Dengan menggunakan tirai ini, maka tirai akan secara otomatis tertutup setelah dibuka. Tirai gorden pintu jenis magnet ini tersedia dalam berbagai motif dan warna yang menarik. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau.

  1. Tirai manik-manik

Tirai manik-manik merupakan salah satu model gorden pintu tengah yang sangat unik. Jenis tirai ini dibuat dari manik-manik yang disusun menjuntai sehingga membentuk sebuah tirai. Selain manik-manik, tirai ini juga tersedia dalam bentuk kerang. Gorden pintu dengan tirai manik-manik ini akan membuat ruang tengah rumah minimalis Anda terlihat lebih indah dan unik. Baca juga Desain Tirai Ruang Tamu.

Cara Membuat Tirai Gorden Pintu Dari Bahan Bekas

Jenis dan model gorden pintu untuk rumah minimalis ini cukup banyak pilihannya. Selain membeli tirai yang sudah jadi untuk gorden pada pintu, Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan bahan bekas untuk membuat tirai pintu. Bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai bisa Anda manfaatkan untuk membuat tirai pintu rumah. Dengan tirai yang dibuat dari bahan-bahan bekas, maka rumah minimalis Anda akan tampak lebih cantik dan menarik. Selain itu, Anda juga bisa menghemat biaya untuk pembelian tirai.

Harga gorden minimalis memang tidaklah terlalu mahal, namun jika Anda bisa memanfaatkan barang bekas untuk dibuat tirai pintu, maka Anda bisa menghemat banyak uang Anda. Untuk membuat gorden pintu dengan bahan bekas bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan bahan dan alat yang digunakan untuk membuat tirai pintu ini sangat mudah untuk didapatkan. Anda bisa memanfaatkan botol bekas dan barang lainnya yang sudah tidak dipakai untuk membuat tirai.

Nah, bagi Anda yang tertarik ingin membuat gorden pintu dengan memanfaatkan barang bekas, maka berikut ini beberapa rekomendasi bahan bekas yang bisa dirangkai untuk dibuat tirai pintu beserta cara membuatnya:

  1. Kain perca

Bahan bekas yang bisa dimanfaatkan untuk membuat tirai pintu adalah kain perca. Kain perca yang digunakan bisa kain perca apa saja dengan motif yang sama ataupun berbeda. Untuk membuat tirai dengan menggunakan kain perca ini, Anda membutuhkan kain perca, kertas karton bekas, benang jahit, lem, spidol, dan gunting. Membuat tirai dengan kain perca ini cukup mudah.

Pertama Anda harus membuat pola terlebih dahulu pada kertas karton. Kemudian gunting kain perca sesuai dengan pola yang dibuat.Langkah selanjutnya jahit kain perca sesuai dengan pola yang sudah dipotong lalu rangkai dengan menggunakan benang. Panjang rangkaian dari tirai kain perca ini bisa disesuaikan dengan tinggi pintu yang akan dipasangi tirai tersebut. Anda bisa membuat beberapa untaian tirai kain perca sebelum dipasang pada kayu dipintu kamar Anda. Untuk pemasangan, Anda bisa pada kayu ataupun kusen pintu.

  1. Tutup botol bekas

Selain menggunakan kain perca, Anda juga bisa membuat gorden pintu dengan menggunakan tutup botol bekas. Bagi Anda yang suka minum minuman kemasan dalam botol, maka bisa menyimpan tutup botolnya untuk dibuat tirai. Membuat tirai dengan menggunakan tutup botol ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan gunting, benang atau senar, cat, dan tutup botol. Cara membuatnya hanya tinggal merangkai tutup botol dengan senar kemudian beri warna pada tutup botol sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Sedotan bekas

Sedotan warna-warni yang sudah tidak digunakan lagi juga bisa dikreasikan untuk membuat tirai pintu. Untuk membuat tirai pintu dengan menggunakan sedotan bekas, Anda hanya membutuhkan sedotan, jarum, paku pin, gunting, dan benang. Anda bisa mengubah benang dengan senar agar tirai tidak mudah patah. Dalam membuat satu tirai pintu dengan sedotan Anda membutuhkan paling sedikit 20 buah sedotan.

Cara membuat tirai dengan sedotan ini cukup mudah, yaitu Anda harus membersihkan sedotan terlebih dahulu kemudian belah sedotan dan buat membentuk bintang. Tidak semua sedotan dibuat bintang hanya beberapa saja. Kemudian rangkai sedotan dengan menggunakan benang ataupun senar dengan urutan sedotan bintang, sedotan panjang, dan begitu seterusnya. Agar lebih kuat bagian bawah tirai bisa diberi pemberat seperti tutup botol bekas.

  1. Botol bekas

Model gorden dan harganya memang cukup banyak, namun jika Anda mempunyai banyak botol bekas dirumah, maka bisa dimanfaatkan untuk membuat gorden atau tirai pada pintu. Untuk membuat tirai dengan botol bekas, Anda bisa memanfaatkan botol bekas air mineral ataupun teh. Kemudian bentuk botol bekas ini dengan menggunakan gunting membentuk bunga. Lalu, rangkailah dengan benang ataupun senar. Anda bisa memasang tirai ini untuk pintu kamar ataupun pintu ruang tengah. Selain membentuk bunga, Anda juga bisa mengkreasikan botol bekas dengan bentuk lainnya.

Membuat tirai untuk gorden pintu dengan bahan-bahan bekas ini cukup sederhana dan mudah. Anda bisa mencobanya dirumah membuat tirai untuk pintu kamar ataupun ruang tengah rumah minimalis Anda. Bahan-bahan bekas ini bisa diubah menjadi barang yang lebih bermanfaat lagi. Jika Anda tertarik untuk membuat tirai pintu dengan bahan bekas, tunggu apalagi, segera coba dengan bahan bekas yang ada dirumah.